Jumat, 18 November 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

Pasti kalian sering mendengar kata-kata tanggung jawab. Apa sih arti tanggung jawab??. 
Menurut saya, tanggung jawab adalah suatu rasa untuk menanggung kesalahan yang diperbuat. Setiap kita melalukan suatu kegiatan, kita harus menaggung apa yang kita lakukan, bila ada kesalahan.
Tanggung jawab yang baik adalah bisa menerima semua resikonya yang dialami.

Misalnya tanggung jawab seorang Ayah, Ayah merupakan seorang yang bertanggung jawab terhadap keluarganya, sekaigus menjadi kewajiban seorang ayah menjaga keluarga agar harmonis dan memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Tanggung jawab seorang ayah diibaratkan sebagai tanggung jawab yang utama. Seorang ayah kalau saja tidak mempunyai rasa tanggung jawab keluarga, mungkin keluarga itu tidak akan harmonis dan selalu berselisih paham, mengakibatkan perceraian ataupun dendam. 

Tidak hanya seorang ayah saja yang wajib memiliki tanggung jawab, tetapi kita juga harus memilikinya. Tanggung jawab kita sebagai pelajar atau mahasiswa yang harus bertanggung jawab terhadap masa depan yang ingin dicapai. Tanggung jawab belajar dan mempertambah ilmu pengetahuan agar dapat mencapai cita-cita.

Oleh karna itu, tanamkanlah rasa tanggung jawab pada diri sendiri. Karena tanggung jawab itu mempunyai guna nyang sangat penting bagi diri sendiri maupun orang lain. Setelah rasa tanggung jawab ditanamkan, maka orang tersebut merasakan hal yang berwiba dan tidak plin-plan dalam melakukan perbuatan, karena telah memiliki tanggung jawab yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar