Rabu, 16 November 2011

Manusia dan Keadilan

   Setiap negara pasti memiliki keadilan. entah keadilan pada diri sendiri maupun keadilan pada lingkungan. Dapat dijelaskan bahwa keadilan adalah suatu sikap bijaksana atau adil dalam memilih sebuah keputusan. Sikap adil harus dimiliki oleh setiap orang, karena sikap adil dapat membantu kita dalam keadaan untuk memilih mana yang benar ataupun mana yang salah. Dalam memilih subuah keputusan kita harus adil, jangan sampai dalam memilih keputusan tidak adil, karena dapat mengakibatkan permusuhan antara kedua belah pihak.
   Didalam Pancasila, terdapat kata-kata keadilan sosial pada sila ke-5 yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Maksud arti keadilan sosial dalam sila tersebut, bahwa kita sebagai warga Indonesia harus memiliki sikap adil terhadap rakyat Indonesia, adil dalam memilih keputusan yang bijaksana. Keadilan sosial terdapat pada lingkungan sekitar, entah dari lingkungan rumah, lingkungan sekolah, ataupun lingkungan masyarakat sekitar.
   Contoh dari ketidakadilan, adalah korupsi yang terjadi di Indonesia. Korupsi yang terjadi mengakibatkan masyarakat Indonesia mengalami kemiskinan. Kemiskinan terjadi akibat ketidakadilan Pemerintah terhadap hukum yang berlaku. Masyarakat menjadi gelisah karena Pemerintah tidak tegas dalam mengambil keputusan yang ada terhadap pelaku-pelaku korupsi. 
   Menurut saya, ketidakadilan yang terjadi di Indonesia sangat menyusahkan masyarakat sekitar. Masyarakat ingin negara Indonesia damai dan tentram, tetapi karena ketidakadilan yang terjadi masyarakat menjadi tidak puas terhadap Pemerintah dikarenakan tidak adil dalam menentukan keputusan yang bijak terhadap kasus korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar