Sabtu, 08 Oktober 2011

Manusia dan kebudayaan

    Manusia adalah sebuah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Tidak hanya manusia yang Allah ciptakan tetapi Allah juga menciptakan alam semesta. Allah menjelaskan terbentuknya manusia tercantum dalam surat Al-Mukminun ayat 12-14 yang berbunyi "Sesungguhnya kami ciptakan dari saripati tanah. Kemudian kami ciptakan saripati itu menjadi mani yang disimpan ditempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu Kami jadikan segumpal daging dan (pada) segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami selimuti dengan daging. Kemudian Kami ciptakan ia dalam bentuk yang lain. Maha Suci Allah, Pencipta yang paling mulia".
   Hakekat manusia dimuka bumi ini adalah manusia berkewajiban memakmurkan, melestarikan serta menjadikan bumi tempat yang aman. Setiap manusia adalah khalifah (pemimpin). Tujuan utama Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah kepada-Nya, ibadah berarti patuh untuk mentaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
     Kita sebagai bangsa timur wajib mentaati aturan yang berlaku, mulai dari tata perpakaian, cara bebrbicara, peraturan lalu lintas, dll. Bangsa timu dapat dikatakan bangsa yang tertib aturan, lain dengan bangsa barat yang akan bebas peraturannya.
     Salah satu hakekat manusia ialah memelihara, dalam arti memelihara kebudayaan yang ada. Kebudayaan adalah ciri khas suatu bangsa atau daerah yang menjadi cerminan daerah itu sendiri. Di Indonesia terdapat 33 provinsi dan memiliki bayak kebudayaan daerah, suku-suku dan objek wisata yang berbeda-beda disetiap provinsi. Selain memiliki banyak kebudayaan, Indonesia juga menjadi salah satu contoh objek wisata di dunia. Sebagai bangsa timur kita berkewajiban menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.
     Unsur-unsur kebudayaan diantaranya:
  1. Alat teknologi
  2. Mata pencaharian
  3. Organisasi sosial
  4. Bahasa
  5. Kepercayaan
  6. Kesenian
  7. Agama 
  8. Pernikahan
  9. Ilmu pengetahuan
Dari unsur-unsur kebudayaan yang disebutkan kita dapat mengetahui bahwa setiap daerah mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.
    Perubahan sosial budaya ialah berubahnya stuktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan terjadi sesuai hakekat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin melakukan perubahan. Ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial :
  1.  Tekanan kerja dalam masyarakat
  2. Komunikasi
  3. Perubahan lingkungan alam
Penyebab seseorang ingin melakukan perubahan karena penemuan baru, kontak kebudayaan lain dan faktor perkembangan zaman yang mempengaruhi semua itu.
    Perkembanhgan zaman saat ini menjadi masalah terhadap kebudayaan, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, sehingga kebudayaan menyusut dan bahkan bisa hilang karena perkembangan zaman tersebut. Nilai- nilai kebudayaan yang sudah tertanam sejak dahulu, akan hilang bila kita sebagai warga negara tidak menjaga dan melestarikan budaya-budaya tersebut.
    Oleh karena itu sangat penting sekali disetiap bangsa, karna kebudayaan merupakan ciri khas atau cerminan suatu bangsa dan kita WAJIB melestarikan dan menjaga budaya. 

"CINTAILAH NEGARA DAN KEBUDAYAN  MU SEPERTI  MENCINTAI KEDUA ORANG TUA MU"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar