Kamis, 13 Oktober 2011

Manusia dan Cinta kasih

    Tuhan menciptakan makhluk yang paling sempurna yaitu manusia. Manusia diberi perasaan oleh Tuhan, dan perasaan tersebut terdapat rasa "cinta". Kita sering mendengar kata-kata cinta, cinta mungkin tak bisa dilihat melainkan dirasakan. Perasaan cinta timbul dengan sendirinya pada setiap manusia. Jadi, dapat didefinisikan cinta adalah perasaan yang timbul dengan sendirinya pada diri manusia dan rasa cinta tidak dapat dilihat melainkan hanya dapat dirasakan .
   Perasaan yang berawal dari pandangan mata hingga turun kehati merupakan bagian dari hidup dan kehidupan manusia, yang dapat melahirkan hasil karya melalui proses akhir, yaitu tanggung jawab. Kita bisa mencintai seseorang untuk kurun waktu tertentu.
    Dalam agama islam menjelaskan, bahwa kita sesama manusia ciptaan-Nya harus saling mencintai, mencintai seseorang yang kita sayangi, seperti orang tua, sahabat, kekasih, guru, tetangga, dll. Agama islam juga mengajarkan kita, bagaimana cara mencintai seseorang dengan baik dan positif.
   Selain rasa cinta, ada juga rasa "kasih". Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Makna kasih yang sesungguhnya itu bagaimana kita memberi yang terbaik buat orang lain, baik itu membahagiakan, tidak merebut kebahagiaan orang lain dan membuka pintu hati untuk sebuah kasih. Sebagai contohnya, kasih kepada orang tua, ada pepatah mengatakan "bahwa kasih sayang orang tua sepanjang masa". Arti dari pepatah itu dapat diartikan bahwa hanya orang tua lah yang mencintai, menyayangi, mengasihi, dan mengayomi kita dari masih kecil hingga saat ini. hanya mereka lah yang mencintai kita dengan tulus selamanya. Oleh karena itu, sayangi dan cintailah kedua orang tua kita, selagi kita dapat melihatnya dan dapat memberikan yang terbaik untuknya.
   Dalam rasa cinta dan kasih, terdapat kemesraan diantara hubungan keduanya. Kemesraan yaitu suatu hubungan yang akrab antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Pada dasarnya kemesraan merupakan wujud dari cinta dan kasih, tanpa adanya cinta kasih tidak akan ada kemesraan antara hubungan. Ada 9 langkah menjaga kemesraan, yakni: 
  1. Jaga cinta
  2. Jalin kepercayaan
  3. Pentingnya berkomunikasi
  4. Jangan mengikat
  5. Saling memberi
  6. mencari solusi jika ada masalah
  7. Berbagi soal keuangan
  8. Tanamkan empati
  9. Jadilah sahabat terbaik untuk pasangan
   Pemujaan dapat didefinisikan sesuatu hal yang kita kagumi atau kita agungkan. Pemujaan dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni pemujaan terhadap leluhur, kepada Tuhan, terhadap hal" yang dianggap mistic atau mitos . Nilai sosial dari pemujaaan adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan. 
   Seseorang mempunyai perasaan empati atau biasa kita dengar belas kasih. Belas kasih berarti wujud rasa ingin membalas kebaikan seseorang yang dia telah berikan kepada kita. Rasa belas kasihan dapat berupa ucapan terima kasih atau memberi sebuah barang/uang. 
   Cinta kasih erotis artinya adalah apabila ia cinta kasih , mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan sepenuh jiwanya yang sedalam dalamnya. Cinta kasih erotis diartikan cinta kasih terhadap orang lain hanya lah dalam segi-segi fusi erotis yang keikut sertaan selengkapnya dengan semua aspek dalam kehidupan orang lain, tetapi bukan dalam arti cinta kasih kesaudaraan yang mendalam terhadap orang lain. 
 
 
 

1 komentar:

  1. Thank you for nice information

    Visit My Website :
    https://uhamka.ac.id

    BalasHapus