Selasa, 27 Mei 2014

Kutipan


Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. 

A. Jenis- jenis Kutipan
  1. Kutipan Langsung (Direct Quotation) yaitu kutipan hasil penelitian, hasil karya, atau pendapat orang lain yang penyajiannya sama persis dengan teks aslinya (yang dikutip).
  2. Kutipan Tidak Langsung (Indirect Quotation) merupakan kutipan hasil penelitian, hasil karya, atau pendapat orang lain yang penyajiannya tidak sama dengan teks aslinya, melainkan menggunakan bahasa atau kalimat penulis/peneliti itu sendiri atau dengan cara meringkas intisarinya dari sumber kutipan aslinya.

B. Teknik Penulisan Kutipan

Beberapa cara teknik mengutip kutipan langsung dan tidak langsung diantaranya sebagai berikut.
>> Kutipan Langsung
   - Kutipan langsung yang tidak lebih dari 4 baris :
  1. Kutipan diintegrasikan dengan teks
  2. Jarak antar baris kutipan dua spasi
  3. Kutipan diapit dengan tanda kutip
  4. Sudah kutipan selesai, langsung di belakang yang dikutip dalam tanda kurung ditulis sumber darimana kutipan itu diambil, dengan menulis nama singkat atau nama keluarga pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman tempat kutipan itu diambil.
   - Kutipan langsung yang terdiri lebih dari 4 baris :
  1. Kutipan dipisahkan dari teks sejarak tiga spasi
  2. Jarak antar kutipan satu spasi
  3. Kutipan dimasukkan 5-7 ketukan, sesuai dengan alinea teks pengarang atau pengutip. Bila kutipan dimulai dengan alinea baru, maka baris pertama kutipan dimasukkan lagi 5-7 ketukan.
  4. Kutipan diapit oleh tanda kutip
  5. Di belakang kutipan diberi sumber kutipan (seperti pada 1)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar