Definisi Pembelian
Suatu peristiwa
atau tindakan yang dilakukan oleh dua belah pihak dengan tujuan menukarkan
barang atau jasa dengan menggunakan alat transaksi yang sah dan sama-sama
memiliki kesepakatan dalam transaksinya, dalam pembelian terkadang akan terjadi
tawar menawar antara pembeli dan penjual hingga mendapatkan kesepakatan harga
yang kemudian akan melakukan transaksi penukaran barang atau jasa dengan alat
tukar yang sah dan di sepakati kedua belah pihak.
Pembelian Menurut para Ahli
- Menurut Riyanto, Bambang (1995) dalam buku “Dasar-dasar Pembelian” menyatakan bahwa, pembelian merupakan system aplikasi siklus pengeluaran yang umum.
- Menurut Sofjan Assauri, (2008: 223) Pembelian adalah salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi suatu perusahaan.
Tahap- tahap Prosedur Pembelian
Ada beberapa tahapan prosedur pembelian menurut Mulyadi adalah sebagai
berikut :
1. Prosedur permintaan pembelian
Dalam prosedur ini fungsi gudang mengajukan permintaan pembelian dalam
formulir surat penerimaan pembelian kepada fungsi pembelian. Jika barang tidak
disimpan di gudang, misalnya untuk barang-barang yang langsung dipakai, fungsi
yang memakai barang mengajukan permintaan pembelian langsung ke fungsi
pembelian dengan menggunakan surat permintaan pembelian.
2. Prosedur permintaan penawaran harga pemilihan pemasok
Dalam prosedur ini fungsi pembelian mengirimkan surat penawaran harga
kepada para pemasok untuk memperoleh informasi mengenai harga barang dan
berbagai syarat pembelian yang lain, untuk memungkinkan pemilihan pemasok yang
akan ditujukan sebagai pemasok barang yang diperlukan oleh perusahaan.
3. Prosedur order pembelian
Dalam prosedur ini fungsi pembelian mengirimkan surat order pembelian
kepada pemasok yang dipilih dan memberitahukan kepada unit-unit organisasi lain
dalam perusahaan (misalnya fungsi penerimaan, fungsi yang meminta barang dan
fungsi pencatat utang) mengenai order pembelian yang sudah dikeluarkan oleh
perusahaan.
4. Prosedur penerimaan barang
Dalam prosedur ini fungsi penerimaan melakukan pemeriksaan mengenai
jenis, kualitas dan mutu barang yang diterima dari pemasok dan kemudian membuat
laporan penerimaan barang untuk menyatakan barang dari pemasok tersebut.
5. Prosedur pencatatan utang
Dalam prosedur ini fungsi akuntansi memeriksa dokumen-dokumen yang
berhubungan dengan pembelian (surat order pembelian, laporan penerimaan barang
dan faktur dari pemasok) dan menyelenggarakan pencatatan utang atau
mengarsipkan dokumen sumber sebagai catatan utang.
6. Prosedur distribusi pembelian
Prosedur ini meliputi distribusi rekening yang didebet dari transaksi
pembelian untuk kepentingan pembuatan laporan manajemen.
Tugas Pembelian
Dalam hal pembelian ada beberapa tugas yang harus dilakukan
diantaranya :
- Melakukan transaksi pembelian pada watu dan tempat yang tepat
- Barang yang dibeli memiliki manfaat dan fungsi yang diperlukan
- Sebelum membeli membandingkan harga dari tempat yang berbeda
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan pembelian barang atau jasa
- Barang yang dibeli kemungkianan dapat dijual kembali
- Sebelum membeli lakukan periksalah harga pasar yang ada
Setiap konsumen yang akan membeli suatu barang, pasti akan berpikir
tentang manfaat apa yang akan dapat jika melakukan pembelian barang tersebut, apakah
pembelian yang dilakukan akan memenuhi kebutuhannya atau tidak. Beriku ini hal-
hal apa saja yang dapat bermanfaat bagi pembelian, antara lain :
1. Mendapatkan barang
hasil pembelian
2. Dapat memenuhi
kebutuhan melalui pembelian
3. Hasil Pembelain dapat
bermanfaat
4. Penjual mendapatkan
hasil dari penjualannya
Jenis-Jenis Transaksi Pembelian
- Pembelian Secara Cash atau tunai adalah pembelian yang dilakukan sekali transaksi dengan menerima barang yang di beli dan memberikan uang sebagai alat tukar yang sesuai dengan jumlah yang disepakati.
- Pembelian Credit atau Berkala adalah pembelian yang dilakukan lebih dari satu kali transaksi, pada transaksi pertama pembeli memberika sejumlah uang sebagai uang muka dan penjual memberikan barang yang di beli dengan catatan akan terjadi pembeyaran kedua.
- Pembelian lokal merupakan pembelian dari pemasok dalam negeri.
- Pembelian impor merupakan pembelian dari pemasok luar negeri.
Menurut Stair (2006: 424), “Purchasing
transaction processing systems include inventory control, purchase order, receiving and account payable.” Dengan demikian
sistem proses transaksi pembelian terdiri dari pengendalian persediaan, order
pembelian, penerimaan dan hutang.
Tanggung
Jawab Fungsi Pembelian
Pada dasarnya peran
fungsi pembelian adalah untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan
pada waktu, harga dan kualitas yang tepat. Menurut Assauri (1998: 162)
menjabarkan bahwa tanggung jawab bagian pembelian sebagai berikut:
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan pembelian bahan-bahan agar rencana operasi dapat dipenuhi dan pembelian bahan-bahan tersebut pada tingkat harga dimana perusahaan akan mampu bersaing dalam memasarkan produknya.
- Bertanggung jawab atas usaha-usaha untuk dapat mengikuti perkembangan bahan-bahan baru yang dapat meguntungkan dalam proses produksi, perkembangan dalam desain, harga dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produk perusahaan, harga serta desainnya.
- Bertanggung jawab untuk menurunkan investasi atau meningkatkan perputaran bahan, yaitu dengan penentuan skedul arus bahan ke dalam pabrik dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.
- Bertanggung jawab atas kegiatan penelitian dengan menyelidiki data-data dan perkembangan pasar, perbedaaan sumber-sumber penawaran (supply) dan memeriksa pabrik suplier untuk mengetahui kapasitas dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan.
- Bertanggung jawab atas pemeliharaan bahan-bahan yang dibeli setelah diterima dan bertanggung jawab atas pengawasan persediaan.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar